Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Menarik Panda Yang Jarang Diketahui

 


Panda merupakan salah satu hewan yang masuk kedalam keluarga beruang. Bisa dibilang hewan ini sangat berbeda dengan jenis beruang pada umumnya. Hal ini ditunjukkan bahwa jika beruang pada umumnya lebih suka memakan daging ternyata hewan ini lebih menyukai memakan bambu.

Bahkan jika kalian melihat bentuk dari hewan ini sangatlah imut dan menggemaskan berbeda dengan jenis beruang lainnya. Tak hanya sampai disitu saja, pasalnya panda memang masih memiliki beberapa fakta lainnya.

Panda Hewan Rakus

Fakta yang pertama adalah hewan ini adalah rasa rakus akan mengkonsumsi makanan. Hal ini dibuktikan dari waktu makan yang dilakukannya. Butuh waktu 6 sampai 10 jam hanya untuk melakukan kegiatan makan.

Dalam waktu yang begitu lama hewan tersebut bisa menghabiskan makanan yang begitu banyak yaitu sebanyak 12 kg jika dihitung menurut beratnya. Akan tetapi dengan jumlah makanan yang begitu besar masih saja belum membuat hewan tersebut merasa kenyang.

Dengan adanya hal tersebutlah panda termasuk hewan yang rakus dan malas. Walaupun begitu hewan ini juga termasuk pemakan segala hal. Hal ini dikarenakan panda juga masih mengkonsumsi hewan kecil maupun telur.

Mengkonsumsi hewan kecil dan telur digunakan oleh panda ketika kadar kalori yang dimakan terasa belum terlalu mencukupi.


Bayi Panda Mungil

Fakta yang berikutnya adalah hewan ini memiliki ukuran bayi yang begitu kecil dibandingkan dengan berat badan indukan. Pasalnya bayi yang dilahirkan memiliki berat sekitar 100 gram sedangkan untuk panda dewasa atau indukannya memiliki berat hingga mencapai 90 kg.

Jika dilihat dari hal tersebut maka ukuran dari indukan hewan tersebut 900 kali lebih besar dibandingkan dengan ukuran bayinya. Selain selain dilahirkan dengan ukuran badan yang begitu kecil ternyata bayi yang baru lahir juga lahir dalam kondisi buta dan tidak memiliki bulu.

Bisa dibilang seperti bayi hewan yang belum siap untuk dilahirkan. Biasanya dalam jangkauan waktu 6 sampai 8 minggu lamanya untuk bayi hewan ini membuka matanya. Sedangkan di umur 3 bulan baru bisa belajar merangkak. Dengan kondisi tersebut membuat banyak bayi hewan ini mati dialam liar.

Sebagian besar dari hewan ini memang memiliki warna bulu hitam dan putih. Akan tetapi ada juga yang berwarna coklat dan putih. Biasanya jenis ini akan masuk kedalam spesies panda qinting. Ternyata ukuran tubuh yang dimilikinya lebih kecil dibandingkan dengan jenis lainnya.

Bahkan untuk spesies ini termasuk hewan yang begitu langka. Saat ini ada kemungkinan bahwa spesies ini hanya tersisa sekitar 200 sampai 300 ekor yang hidup bebas dialam liar.

Agar bisa memberikan tanda pada wilayah yang mereka tempati. Ternyata hewan ini memberikan tanda dengan air kencingnya. Bahkan tak jarang mereka kencing dengan posisi kaki di bagian depan. Hal ini dilakukan agar air kencing bisa mencapai titik tertinggi pada pohon. Dan tentunya bau yang diciptakan bisa lebih tinggi.

Jika beruang pada umumnya lebih sering diam daripada bersuara berbeda dengan jenis panda. Hal ini dikarenakan panda adalah satu-satunya kelompok keluarga beruang yang banyak bersuara. Suara yang dikeluarkan hewan ini terbilang sangat unik.

Banyak yang menyebutkan jika hewan ini memiliki suara sangat mirip dengan suara domba maupun suara kambing. Saat ini sudah banyak sekali video yang memperlihatkan suara dari hewan tersebut. Kamu Pun bisa melihatnya agar tidak merasa penasaran. Atau kamu bisa mengunjungi kebun binatang setempat untuk melihat kehidupan maupun mendengarkan suara dari hewan tersebut.

Posting Komentar untuk "Fakta Menarik Panda Yang Jarang Diketahui"